Add

Jumat, 27 Oktober 2023

√ Keyboard USB Eksternal dan Mouse error setelah Instal ScpToolkit 2023


 


Bermain game adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan ketika ada waktu luang. Memainkan game PC menggunakan Keyboard dan Mouse ataupun menggunakan Stik akan jauh lebih menyenangkan ketimbang menggunakan Smartphone.




keyboard error



Ya memang bagi beberapa orang  bermain game menggunakan perangkat mobile Android atau iOS juga menyenangkan karena memang sedang trend 5 tahun belakangan. Namun cita rasa bermain game menggunakan pc tidak akan dikalahkan oleh perangkat apapun, karena tiap perangkat berbeda-beda Feel-nya.



Memainkan game PC ber Sistem Operasi Windows sebenarnya hanya bisa menggunakan Controller Xbox, karena windows dan xbox sama-sama resmi buatan Microsoft. Nah sebagai inisiatif biasanya orang-orang menggunakan controller dari Console PlayStation.



Ada 2 Jenis Controller dari Playstation yang bisa digunakan dengan baik menggunakan PC yaitu Dualshock 3 dan Dualshock 4 perbedaannya kalau yg DS3 itu untuk PS3 dan DS4 untuk PS4.



Secara khusus DS3 dan DS4 tidak bisa disambungkan secara langsung ke PC/Laptop, karena Windows hanya menerima inputan dari Controller Xbox. Maka dari itu kita harus menggunakan sebuah tool supaya Stik PS dapat digunakan di Windows, yaitu menyamarkkan input Stik PS menjadi Stik Xbox menggunakan SCPToolkit.



Apa itu SCPToolkit?

ScpToolkit adalah sebuah tool ringan yang mudah digunakan untuk menyamarkan input Stik PS (DS3 atauDS4) menjadi seolah-olah dia itu inputan Stik Xbox. Stik bisa disambungkan menggunakan mode USB dan Bluetooth walau stik yang digunakan KW sekalipun bukan stik Original (Ori Mesin).



SCPToolkit bisa dijalankan pada OS Windows 7, 8, dan 10. Setelah menginstall program ini kita harus mengatur terlebih dahulu drivernya (sekali saja), dan untuk selanjutnya stik akan otomatis tersambung karena sudah pernah ter-pair untuk mode bluetooth.



Masalah Keyboard, Mouse, Harddisk, SSD Tidak Berfungsi / Error Akibat Install SCPToolkit

Masalah keyboard dan Mouse error pada dasarnya kesalahan kita sendiri tidak mengikuti intruksi tutorial yang tepat. Penginstalan yang tidak benar ketika pemilihan driver di ScpToolkit Driver Installer adalah penyebabnya. Error ini berdampak terhadap sistem windows kita terutama driver input.



Apakah kalian melakukan semua checklist pada Driver Installer ScpToolkit? yap, itu masalahnya, scp melakukan overwrite terhadap inputan yang ada sehingga semua input malah disamarkan menjadi sebuah input controller makanya ketika keyboard dan mouse atau usb lainya disambungkan ke Laptop/PC terbaca tapi tidak berfungsi / tidak bisa digunakan.




Cara Mengatasi Keyboard, Mouse, SSD, Harddisk Error Setelah Instal ScpToolkit

$ads={2}


Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan kita akan melakukan uninstall manual terhadap Driver dari Toolkit yang menyebabkan error.



#Kalau dengan Langkah 1 atau 2 sudah bisa tak perlu lanjut ke langkah selanjutnya.



1. Hentikan dan Hapus Layanan


  • Tekan Win + R.

  • Ketik services.msc dan Enter.

  • Cari SCP DSx Srvice, dan Hentikan. (Kalau tidak ada, lanjut langkah selanjutnya).

  • Buka CMD dan Ketik sc delete Ds3Service. (Opsional).

  • Restart Laptop/PCnya.


2. Hapus Device Driver


  • Pastikan semua perangkat yang digunakan di Toolkit terhubung.

  • Buka Device Manager (Win+R ketik devmgmt.msc).

  • Cari  libusbK USB Device.

  • Uninstall setiap device didalam libusbK USB Device.

  • Saat Uninstall, jika ada checkbox Delete the driver software for this device maka centang.

  • Lakukan berulang-ulang kalau keyboard dan mouse tidak bisa digunakan dan didalam  libusbK USB Device  muncul device lagi.

  • Restart Laptop/PCnya.


3. Hapus Virtual Bus Driver


  • Dalam Device Manager pilih System device

  • Cari Scp Virtual Bus Driver didalamnya.

  • Klik kanan pada Scp Virtual Bus Driver dan Uninstall.

  • Jika sudah, Restart PC/Laptopmu.




Kalau Keyboard, Mouse, Harddisk, SSD, USB sudah bisa berjalan, lakukan uninstall ScpToolkit dan lakukan penginstalan lagi tetapi sesuai dengan tutorial dibawah ini supaya tidak terjadi error lagi.



Video Youtubenya







Baca gan: Cara Instal ScpToolkit untuk Stik PS3 dan PS4 yang benar tanpa Error



Penutup

Saya kira tutorial yang saya berikan sudah sangat jelas, tutorial dibuat karena saya juga mengalami hal serupa ketika menginstal ScpToolkit. Sehingga artikel ini dibuat bukan hanya sekedar mencari informasi dari sumber lain, melainkan berdasarkan pengalamn pribadi guys.



Semoga artikel mengenai tutorial memperbaiki Keyboard Eksternal dan Mouse tidak berfungsi setelah instal program ScpToolkit dapat berguna, Terimakasih selamat bermain.




0 komentar:

Posting Komentar